Etika Profesi Seorang Customer Service

Customer Service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan pelanggan, melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Dari namanya saja, customer service, kita sudah bisa bayangkan pekerjaannya adalah melayani customer. Orang-orang yang melayani customer inilah yang sangat berperan penting dalam membangun image perusahaan karena bersentuhan langsung dengan customer.

Bila seorang customer service berperilaku tidak menyenangkan maka yang ada dalam image customer adalah perusahaannya bukan karyawannya. Kenapa demikian? Karena pengaruh masing-masing karyawan apalagi para petugas garis depan sangat kuat mewakili perusahaannya. Oleh karna itu seorang customer service haruslah memiliki Etika yang baik.

Etika merupakan suatu ilmu cabang filosofi yang berkaitan dengan apa saja yang dipertimbangkan baik dan salah.

Ada beberapa definisi mengenai etika antara lain :

  • Kode moral dari suatu profesi tertentu
  • Standar penyelenggaraan suatu profesi tertentu
  • Persetujuan diantara manusia untuk melakukan yang benar dan menghindari yang salah.

Salah satu yang harus dipahami adalah bahwa apa yang tidak etis tidak berarti illegal. Dalam lingkungan yang kompleks, definisi benar atau salah tidak selalu jelas. Juga perbedaan antara illegal dan tidak beretika tidak selalu jelas.

Adapun etika profesi yang perlu diketahui oleh seorang customer service antara lain:

1. Menjaga sikap tubuh

    Hindari:

  • Menggaruk-garuk kepala
  • Menggigit kuku
  • Menekuk-nekuk ibu jari
  • Berpangku tangan
  • Melipat tangan
  • Menggigit bibir
  • Duduk membungkuk
  • Berdiri membungkuk
  • Berjalan dengan menyeret sepatu

2. Berjabat tangan

  • Gunakan tangan kanan
  • Genggam selama 3-5 detik
  • Senyum dan kontak mata
  • Ucapkan nama anda/selamat datang/kabar

3. Menerima tamu

  • Berdiri saat tamu datang
  • Sapa, senyum dan kontak mata
  • Tanyakan dengan sopan apakah ia telah memiliki janji
  • Jika anda orang yang dituju maka persilahkan duduk
  • Perkenalkan diri anda

4. Menunjuk sesuatu

  • Menggunakan kelima jari dengan telapak tangan terbuka
  • Menggunakan ujung pena untuk menunjukkan brosur atau formulirt

5. Sikap berdiri

  • Berdiri dengan kaki ke depan lurus di muka dan kaki belakang membuat sudut 45 derajat
    Berdiri dengan tegap dan biarkan lengan dan lutut tetap santai.

 

sumber : http://threefirdhaus.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: