Tips anak kosan

Buat kalian-kalian yang mau tinggal jauh dari orang tua atau mau belajar mandiri dengan hidup “ngekos” entah itu bekerja ataupun menuntut ilmu, mungkin tulisan ini cukup membantu untuk memilih kosan seperti apa sih yang nyaman untuk di tinggali?? Berikut tips-tipsnya :

  1. Dalam memilih kosan, carilah kosan yang dekat dengan kampus ataupun tempat kerja. Ini dapat menghemat biaya juga waktu. Meskipun biasanya kosan yang lebih dekat dengan kampus itu jauh lebih mahal, tetapi jika di bandingkan dengan kita harus mengeluarkan ongkos rutin untuk kekampus biayanya pasti akan lebih besar lagi.
  2. Carilah kosan yang mudah untuk mencari makan dan juga transportasi. Pilihlah kosan yang disekelilingnya banyak penjual makanan, karna biasanya kita akan bosan jika hanya memakan menu yang itu-itu saja.
  3. Untuk masalah kebersihan, ha lpertama yang harus di perhatikan adalah kamar mandi. Perhatikan apakah kamar mandinya bersih atau tidak, jika ada lebih baik memilih kamar yang memiliki kamar mandi  didalam. Selain akan lebih terawatt dan bersih, kita juga tidak harus berebut kamar mandi dengan penghuni lain karna hanya kita yang menggunakan.
  4. Ventilasi udara juga sangat penting, pilihlah kamar yang memiliki ventilasi udara bagus, karna jika tidak dapat dibayangkan bagaimana kondisi kamarnya pasti akan sangat pengap apalagi jika cuaca sangat panas.
  5.  Yang terakhir adalah pilihlah kosan yang ibu kosnya baik, hal ini penting karena jika misalkan suatu saat kita telat bayar uang kos, kita tidak akan di usir keluar.

 

Tips-tips diatas tadi semuanya saya utarakan berdasarkan pengalaman pribadi. Menjadi anak kos tidak semuda dan seindah yang dibayangkan. Kita harus pintar-pintar memilih kosan yang baik dan nyaman juga harus pintar memilih teman satu kosan. Memiliki teman-teman kosan yang asik akan membuat kita betah begitu juga sebaliknya. Menjadi anak kos yang jauh dari orang tua dan saudara juga harus pintar mengatur keuangan jangan sampai kita kehabisan uang saku, karna jika itu terjadi bias jadi kita puasa untuk beberapa hari. Semoga tulisan ini dapat sedikit membantu kalian semua.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: